KH Miftah Farid, 5 Periode Pimpin MUI Kota Bandung

Wartaislam.com - KH Miftah Farid kembali menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung periode 2011-2016. Miftah terpilih untuk kelima kalinya ini dipilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) VIII MUI Kota Bandung di Kantor MUI Kota Bandung, Jalan Sadangserang Kota Bandung, Sabtu (16/4/2011)

Miftah menjelaskan, dalam kepemimpinannya sekarang, akan lebih berkonsentrasi pada kaderisasi.

"Bukan berarti saat ini tidak ada kaderisasi, namun akan lebih ditingkatkan sehingga ke depan muncul ulama-ulama, dai yang berkualitas di tengah beratnya tantangan hidup," ujar Miftah kepada wartawan usai terpilih menjadi Ketua MUI Kota Bandung.

Miftar sendiri masih dipercaya menjadi ketua MUI oleh seluruh peserta Musda dari 30 MUI kecamatan, 2 pengurus lama, dan ormas Islam. "Bukan hanya sosok yang dilihat, tapi juga keteladanan beliau yang selama ini patut dijadikan contoh," tutur Ketua Pemilihan KH Ishaq Rauf kepada wartawan.

Ishaq menilai,lewat kepemimpinan Miftah, semua ulama dan umat Islam di Kota Bandung hidup rukun. Meskipun berasal dari Muhammadiyah, Miftah selalu merangkul seluruh ulama di Kota Bandung untuk menjaga persatuan.

"Jadi bukan berarti kaderisasi di MUI itu tidak ada, kaderisasi tetap berjalan sebagaimana mestinya. Namun karena keteladanan beliaulah, yang membuatnya kembali dipercaya untuk kelima kalinya," tuturnya.

Ishaq mengharapkan, Miftah dapat tetap independen memelihara orientasi keumatan dalam mengemban misi dakwah. Guna menyebarkan rahmat untuk sekalian alam di atas semangat ukhuwah (persaudaraan), ta'awuniyah (tolong menolong dan kerjasama), tasamuh (toleransi dan moderat), qudwah (kepeloporan) dan syuriyah (permusyawaratan). (inilah)

0 komentar:

Posting Komentar