AS Kesulitan Keluar Dari Afghanistan


AS mengalami begitu banyak dilema di Afghanistan. Jauh hari sebelum pemilu Afghan dilaksanakan, AS sudah mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan mengawal pemilu Afghan dengan selamat, dan setelah itu selesai.

Namun, setelah pemilu 20 Agustus—dua bulan silam—sampai saat ini tidak ada tanda-tanda AS akan segera menarik mundur pasukannya dari negeri para Mullah itu. Malah yang ada, AS berencana menambah lagi pasukannya.

Menurut Washington Times, AS sesungguhnya tengah mencari cara keluar dari Afghanistan. Harian ini menulis, saat ini kepentingan pihak berwenang Amerika dalam perang di Afghanistan sudah berkurang dan banyak anggota Demokrat yang berkuasa menentang eskalasi pasukan itu di Afghanistan.

Jenderal Stanley Mc Crystal, komandan top AS di Afghanistan mengatakan bahwa saat ini pasukan Amerika di Afghanistan tidak mampu menandingi perlawanan Taliban. Ia telah meminta Gedung Putih untuk menguatkan lagi kekuatan militer AS. Tetapi analis mengatakan masalah di Afghanistan tidak dapat diselesaikan melalui pasukan karena situasi di Afghanistan adalah hasil dari kemerosotan yang konstan.

Tak jauh berbeda dengan AS, sikap negara-negara Barat berkenaan dengan Afghanistan masih terjadi tarik-ulur. Yang pasti rakyat-rakyat negara Barat sebagian besar menyatakan mereka ingin segera mengakhiri invasinya di Afghanistan. (sa/qmh)

eramuslim

0 komentar:

Posting Komentar