Jurnal Halal Hadir di Library of Congress AS

Wartaislam.com - Jalinan komunikasi dan sosialisasi LPPOM MUI lewat media majalah Jurnal Halal terus makin meluas. Bahkan kini bukan hanya dalam lingkup nasional, melainkan juga secara internasional!

Tidak hanya lewat kegiatan-kegiatan dan seminar semata, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia juga turut mensosialisasikan halal lewat majalah Jurnal Halal. Bahkan sejak pekan ke-4 di bulan Januari 2011, media berkala LPPOM MUI ini telah mulai masuk ke Library of Congress AS - semacam perpustakaan kongres di Amerika. Jurnal Halal tersebut dipakai sebagai bahan referensi bagi para anggota dewan dan senator di AS.

Masuknya majalah halal tersebut adalah untuk memenuhi permintaan William P. Tuchrelo, Direktur Lapangan Perpustakaan Kongres AS yang berkantor di Kedutaan besar AS, Jakarta. Selain majalah, ada pula berbagai buku terbitan LPPOM MUI lainnya seperti Direktori Halal, panduan sertifikasi Halal, dan Sistem Jaminan Halal (SJH).

Mr.Tuchrelo mengatakan bahwa Library of Congress memiliki misi utama menghimpun materi hasil penerbitan, baik dari instansi pemerintah, swasta, universitas, atau penerbit komersial lainnya yang bersifat umum dan terbuka. Bahan-bahan materi tersebut nantinya akan disimpan sebagai koleksi di Library of Congress, Washington DC. Tujuannya untuk menambah khazanah informasi bagi para anggota kongres Amerika dan juga peneliti dalam mendalami bidang kajian terkait dengan referensi yang mereka dalami dan butuhkan.

Selain sosialisasi dan komunikasi melalui media publikasi tersebut. Direktur LPPOM MUI, auditor halal LPPOM MUI, dan para pimpinan MUI juga telah beberapa kali berkunjung secara langsung ke berbagai wilayah di AS dengan berbagai kegiatan dan agenda. Beberapa kegiatan diantaranya seperti memberikan pelatihan dan penjelasan tentang proses maupun kaidah dan standar dalam sertifikasi halal, serta SJH ke lembaga-lembaga sertifikasi halal di negeri Paman Sam tersebut. (lppom mui)

0 komentar:

Posting Komentar