RI-Turki Sepakat, Libya Harus Gencatan Senjata

Setelah mengadakan pertemuan, Presiden SBY dan Presiden Turki Abdullah Gul sepakat bahwa harus segera ada gencatan senjata di Libya.

Dalam pertemuan bilateral hari ini di Jakarta, Presiden SBY dan Presiden Abdullah Gul mendiskusikan perkembangan terkini di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Termasuk situasi yang saat ini terjadi di Libya.

Sebagaimana dilansir siaran pers Kementerian Luar Negeri, kedua kepala negara menekankan pentingnya menjaga kedaulatan, kesatuan nasional, dan integritas wilayah Libya. Keduanya sepakat, perlu segera dilakukannya gencatan senjata secara efektif.

“Juga menghentikan permusuhan guna mengakhiri segala bentuk kekerasan terhadap rakyat sipil yang tidak bersalah yang telah menderita berkepanjangan,” demikian kedua kepala negara, dalam pernyataan bersama.

Kehadiran PBB sangat diperlukan untuk mengawasi berlangsungnya gencatan senjata, setelah diberlakukannya di Libya. Kemudkian juga nilai penting fasilitasi bantuan kemanusiaan tanpa rintangan bagi rakyat Libya.

“PBB hendaknya bekerjasama dengan organisasi-organisasi regional terkait guna mendorong kondisi yang kondusif bagi penyelesaian politik secara damai, demokratis, dan berkelanjutan, yang mencerminkan aspirasi dan kehendak rakyat Libya,” lanjutnya.

SBY dan Gul juga sepakat memberikan komitmennya untuk kontribusi dalam upaya tersebut dibawah naungan PBB. (inilah)
foto : presidensby.info

0 komentar:

Posting Komentar