Ahmadiyah Tidak Hadiri Dialog Lintas Agama

Wartaislam.com - Perwakilan Ahmadiyah tidak menghadiri dialog lintas agama yang digelar di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Senin.

"Sebelumnya pihak Ahmadiyah merencanakan akan hadir, namun karena beberapa alasan mereka membatalkan rencana tersebut," kata Deputi Menko Kesra Bidang Pendidikan dan Agama, Agus Sartono, di Kantor Kementerian Koordinator Kesra di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan, dialog lintas agama tersebut masih akan terus berlanjut hingga batas waktu yang tidak ditentukan. "Kami berharap pada pertemuan berikutnya pihak Ahmadiyah bisa hadir dan duduk bersama," katanya.

Dia menambahkan, pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari kepolisian, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapuslitbang) Agama, Nahdlatul Ulama (NU), Kementeriam Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia (Polhukam).

"Dialog ini ingin mencari solusi terbaik untuk permasalahan Ahmadiyah," katanya. Namun dia menegaskan, dialog tersebut belum mencapai titik keputusan untuk membubarkan Ahmadiyah atau tidak.

"Dialog masih akan terus berlanjut, hingga saat ini belum mencapai titik keputusan," katanya.

Dia menambahlan, para pihak yang berdialog mencari solusi terbaik dalam bingkai NKRI. "Kebhinekaan itu suatu anugerah, perbedaan bukan halangan untuk menjaga harmoni," katanya.

Dia juga mengatakan para pihak yang berdialog pada saat ini masih berpegang pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tentang Ahmadiyah.

Selain itu, dia juga mengatakan, pihak yang berdialog sepakat untuk menggencarkan sosialisasi tentang SKB tiga menteri di 65.000 kecamatan yang ada di Indonesia. (ant)

0 komentar:

Posting Komentar